Cara Membuat Bootable Usb Windows 7 Dengan Rufus


Pojok Servis.com – Hai gaes kali ini kita akan bahas bagaimana sih caranya membuat Bootable windows di flasdisk dengan aplikasi Rufus, karena penggunaan flasdisk selain simple, di beberapa perangkat computer atau notebook kita kan tidak tersedia drive CD/DVD nya ya gaes, jadi apabila kita mau install pakai CD/DVD kan harus menambahkan perangkat eksternalnya, jadi tambah ribet kan, bootable USB flash drive akan sangat bermanfaat bagi seorang teknisi. Selain lebih cepat dalam proses instalasi dibandingkan dengan CD/DVD. Rufus sendiri  adalah utilitas yang membantu untuk memformati dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dan lain-lain.

Rufus mendukung pembuatan bootable USB untuk banyak sistem operasi, antara lain Arch Linux, Archbang, BartPE/pebuilder, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren's Boot CD, LiveXP, Knoppix, Kubuntu, Linux Mint, NT Password Registry Editor, OpenSUSE[/link], Parted Magic, Slackware, Tails, Trinity Rescue Kit, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows XP (SP2 or later), Windows Server 2003 R2, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan yang lainnya.

Selain free Rufus ini memiliki ukuran file yang sangat kecil tapi menyediakan semua fasilitas yang kamu butuhkan gaes. Software rufus ini bekerja dengan sangat cepat, Berdasarkan website resmi pengembang Rufus, aplikasi Rufus mampu bekerja dua kali lebih cepat dibandingkan program sejenis seperti WiNToBootic v1.2, RMPrepUSB v2.1.638, UNetbootin v1.1.1.1, Universal USB Installer v1.8.7.5 atau Windows 7 USB/DVD Download Tool v1.0.30 ketika melakukan pembuatan USB bootable untuk Windows 7 x64 menggunakan komputer prosesor Core 2 Duo, memori 4 GB, dan USB 3.0 controller serta 16 GB USB 3.0 ADATA S102 flash drive serta sistem operasi Windows 7 x64.

Berikut ini Langkah-Langkah untuk Membuat Bootable dari USB dengan Rufus.

Pastikan flashdisk sudah kamu pasang di Komputer/Laptop ya gaes (sudah di colokin ke port usb)


Selanjutnya jalankan software Rufus, Setelah dibuka maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.





Keterangan :
1.  Flashdisk yang akan kita gunakan sebagai bootable
2.  Pilih File System pilih NTFS
3.  Browse file iso yang akan kita bootable yang sudah anda siapkan

Selanjutnya kita Browse file iso yang akan kita bootable (cari file iso dimana kamu menyimpannya ya gaes), Perhatikan gambar di bawah ini




Setelah file iso kita Open tadi, maka tinggal kita start. Lihat gambar di bawah ini.



Selanjutnya akan muncul WARNING / Peringatan seperti pada gambar dibawah ini klik saja OK



Selanjutnya tinggal OK saja, dan silahkan tunggu proses hingga selesai, proses ini membutuhkan waktu agak cukup lama.




Jika tampak seperti di bawah ini berarti sudah sukses. Dan siap untuk di pakai install PC atau Laptop sobat.



Untuk menggunakan USB flash drive sebagai media instalasi, lakukan pengaturan pada BIOS agar device yang pertama dibaca saat booting (Boot devices priority) adalah USB flash drive.

Sekian dulu ya gaes tutorial yang kali ini saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Jika ada yang kurang jelas bisa berkomentar di bawah postingan ini.