Perangkat Keras Komputer dan Funsgsinya

Perangkat Keras Komputer

Pojok Servis. Com - Dalam ilmu komputer, ada dua istilah yang sangat sering kita dengar yaitu hardware dan software pengertian dari hardware atau perangkat keras komputer adalah komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer. Hardware sendiri mempunyai sifat yang berbeda dengan software atau perangkat lunak.

Dan untuk hardware pada komputer tidak hanya tertuju pada bagian dalam komputer saja, tetapi semua perangkat yang mendukung kinerja komputer. Secara umum, hardware terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu perangkat keluaran (output), perangkat masukan (input), perangkat pengolah data (prosesor), dan perangkat aksesoris.

Perangkat masukan (input) memliki fungsi untuk menginput data agar masuk ke dalam komputer. Beberapa contoh perangkat masukan di antanya mouse, keyboard, scanner, dan webcam. Data yang masuk melalui perangkat keras masukan, kemudian akan diolah dengan perangkat pengolah data, seperti CPU atau processor yang didukung oleh motherboard. Setelah diolah, kemudian komputer dapat menghasilkan keluaran dari perangkat keras output seperti monitor, speaker, dan printer.

Selain perangkat di atas input-processor-output, terdapat juga perangkat aksesoris yang mendukung kinerja komputer, seperti LAN Card, Harddisk, Memory Card, Card Reader, dan sebagainya. Lebih detailnya mengenai perangkat keras pada komputer akan dibahas pada ulasan di bawah ini.

1.      Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) biasanya dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.

2.  Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi menampung data-data secara magnetis. Hard disk akan menyimpan data seperti musik, dokumen, gambar, video, dll secara permanen (tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan, kecuali dihapus pengguna).

3.  PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Agar proses mendinginkan panas yang dihasilkan komputer bisa berlangsung secara optimal, heatsink harus dipasang di atas processor, kemudian juga diberikan gel atau pasta agar heatsink ini bisa menempel dengan baik.

4.    Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap jenis monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang saat ini paling umum adalah monitor LCD (Liquid Crystal Display).

5.      VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA pun memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit). Biasanya perangkat keras atau hardware yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer maupun designer.


6.     Optical drive merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Ada beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, seperti : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.

7.  Power Supply merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply sendiri bisa dibilang jantung komputer, jadi komputer tidak bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.


8.    RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Beda halnya dengan hard disk, penyimpanan pada RAM sifatnnya sementara. Jadi waktu komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang / dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.

9.     Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan angka. Ada beberapa jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.

10.  Mouse juga tergolong sebagai alat input seperti halnya Keyboard. Mouse sendiri berfungsi untuk menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat ini disebut mouse, karena memang bentuknya yang menyerupai seekor tikus. Bahkan sering mouse juga disebut dengan istilah ‘tetikus’ dalam bahasa Indonesia. Beberapa jenis mouse, diantaranya adalah : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.